Tiga Langkah Kegiatan Pembelajaran

Dalam Proses Pembelajaran, ada tiga langkah kegiatan proses yang semestinya dilakukan, sebagaimana yang kita tuangkan di dalam RPP. Adapun ke-3 langkah tersebut adalah:
  1. Pembukaan
  2. Inti Pembelajaran
  3. Penutupan.

I. Pembukaan.

Maksudnya adalah : "kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari". (Soli Abimayu, T Raka Joni, Panduan keterampilan Mikro 5, Tim Pengembangan PPL P3G, 1982).
Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk siap mental itu antara lain:
  1. Memberikan acuan dan membuat kaitan antara materi yang sudah dikuasai dengan bahan yang akan disajikan.
  2. Menyampaikan tujuan yang akan dicapai atau pokok-pokok materi yang harus diperhatikan
  3. Menyampaikan langkah-langkah kegiatan belajar dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan untuk menguasai materi yang disajikan.
  4. Menggunakan alat-alat bantu yang relevan dengan materi sajian.
  5. Mengajukan pertanyaa, baik bahan apersepsi, prasyarat, atau pretes.
  6. Menyampaikan bahan yang akan disajikan melalui cerita singkat atau nyanyian yang relevan.

II. Inti Pembelajaran. Bagian ini merupakan serangkaian kegiatan yang berpusat pada proses penjelasan materi yang merupakan tujuan utama dari pencapaian-pencapaian indikator. Melalui inti pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat memahami materi melaui usaha-usaha aktif yang dilakukan oleh guru dan siswa, dalam berbagai bentuk kegiatan.
Adapun usaha-usaha yang dilakukan dalam kegiatan inti ini adalah:
  1. Dapat merupakan penjealsaan materi oleh guru melalui metode cerita, maupun penjelasan dengan menggunakan berbagai alat/media teknologi dan sebagainya.
  2. Penggalian informasi melalui peran siswa dalam memberikan jawaban yang sehubungan dengan materi.
  3. Unjuk kerja terhadap siswa melalui kegiatan-kegiatan eksplorasi.
  4. Kolaborasi antara guru dan siswa, serta siswa dengan siswa dalam mencapai informasi.

III. Penutupan. Yang dimaksud dengan penutupan adalah kegiatan untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran. Kegiatan penutup ini dilakukan untuk mengetahui gambaran secara keseluruhan tentang apa yang telah dipelajari selalama proses pembelajaran. Kegiatan yang dapat kita lakukan antara lain:
  1. Memberikan kesimpulan atau ulasan rangkuman mengenai materi yang telah dibahas selama sajian berlangsung.
  2. Membuat ikhtisar, untuk kelas besar dapat menyuruh siswa atau bersama-sama untuk membahas ringkasan.
  3. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan evaluasi untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran.
  4. Memberikan pesan atau tugas untuk pendalaman atau pengayaan serta bahan yang relevan dengan pokok bahasan.
  5. Memberikan pesan atau tugas untuk pendalaman atau pengayaan serta bahan yang relevan dengan pokok bahasan.  Hal ini berlakuk juga sebagai tindak lanjut dalam proses pembelajaran.

Demikian serangkaian langkah kegiatan proses pembelajaran yang semestinya dilakukan dalam setiap pertemuan pembelajaran. Jangan lupa, bahwa cara-cara yang yang efektif sangat mempengaruhi keberhasilan guru dan siswa dalam setiap pencapaian yang diharapkan. Oleh sebab itu, penggunaan alat yang memadai misalnya: teknologi, alat peraga, dan lain-lain, berperan penting dalam pencapaian keberhasilan proses pembelajaran. Hal ini berpengaruh pada RPP dan persiapan mengajar yang anda susun dalam kegiatan administrasi.

Mudah-mudahan melalui  penjelasan di atas dapat membantu keberhasilan kita sebagai pengajar. Syalom!



No comments:

Post a Comment

Komentar Anda