Administrasi Guru



Blog ini dibuat dengan tujuan untuk membantu para guru dalam melengkapi kegiatan administrasi yang wajib dilaksanakan oleh guru pengajar, secara khusus guru Agama Kristen dilingkungan Sekolah Dasar.
Sebagai seorang guru yang bertanggung jawab administrasi ini merupakan syarat mutlak untuk dikerjakan  Dengan memiliki sejumlah  Administrasi guru yang telah ditentukan, adalah sebuah indikator bahwa guru telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pengajar yang profesional..
Berikut adalah beberapa administrasi yang wajib dikerjakan oleh seorang guru, secara khusus Guru Agama Kristen di lingkungan Sekolah Dasar:

1. Silabus
2. Program Tahunan
3. Program Semester
4. RPP Agama Kristen SD  Berkharakter
     a. RPP. kelas 1 dan 2
     b. RPP. kelas 3 dan 4
     c. RPP. kelas 5 dan 6
5. Penetuan KKM

Semua kelengkapan administrasi di atas merupakan contoh, untuk menuntun para guru dalam memahami pembuatan Silabus, program Tahunan, Program Semester, RPP dan penentuan KKM. Mengingat adanya berbagai perubahan-perubahan dalam penyususunan administrasi tersebut. Misalnya, dalam pembuatan RPP, yang tadinya hanya dalam konsep pembuatan RPP yang lama, sekarang ditambah dengan format baru, karena adanya pendidikan berkharakter yang didsisipkan dalam RPP.  Sehingga ini mempengaruhi seluruh pembuatan administrasi sebagaimana yang disebutkan di atas.

Catatan :
  1. sebaiknya  dalam pembuatan RPP, buku yang dipergunakan bersumber dari berbagai penerbit, sehingga RPP semakin diperkaya. Jadi tidak hanya fokus pada satu buku, misalnya buku yang diterbitkan oleh BPK, sebagaimana yang lazim dipergunakan oleh Guru Agama Kristen selama ini.
  2. RPP, sebaiknya disesuaikan dengan keadaan sekolah. Artinya, tidak semua sekolah sama dalam hal penyediaan fasilitas (teknologi) yang menunjang proses pembelajaran. Jika sekolah yang yang lebih mapan dalam penyediaan fasilitas misalnya, komputer dan proyektor, dapat mempengaruhi dan membedakan RPP dengan sekolah yang belum menyediakan fasilitas tersebut.
  3. RPP disesuai dengan keadaan peserta didik. Artinya, karakteristis peserta dididik setiap sekolah adalah berbeda. Misalnya, daya serap dan latar belakang ekonomi peserta didik, mempengaruhi karakteristis RPP yang yang disusun oleh guru yang bersangkutan.
  4. Sebelum guru memilih buku LKS, yang diterbitkan oleh salah satu penerbit, sebaiknya soal-soal yang disajikan diperiksa terlebih dahulu. Sebab menurut pengalaman saya begitu banyak ketidak sesauian soal. misalnya soal yang disajikan begitu rancu, dan tidak sesuai dengan kaidah-kaidah penyususunan soal.