Administrasi Guru yang Harus Dilengkapi

Guru bukanlah sekretaris, pekerjaan guru adalah mengajar dan mendidik siswa agar mengalami perubahan tingkah laku, dari yang tidak disadari menjadi disadari, dari yang tidak diketahui menjadi diketahui, dari yang beum dilakukan sehingga dapat dilakukan.
Namun pada kenyataannya yang paling menyibukkan guru adalah pekerjaan administrasi yang harus dilengkapi.  apalagi jika diketahui pengawas akan datang memeriksa, maka semua guru akan sibuk mengerjakan atau melengkapi administrasi, agar dinilai baik oleh pengawas sekolah.  Yang menjadi sering salah adalah jika penilaian dilakukan hanya melihat kelengkapan administrasi guru, karena orientasi yang sebenarnya adalah keberhasilan proses pembelajaran dengan sejumlah pencapaian target program yang sudah ditentukan. misalnya keberhasilan setelah terjadinya evaluasi pembelajaran dan pencapaian target KKM, serta evaluasi sampai sejauhmana aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dapat terpenuhi. 
Tidak dapat dipungkiri bahwa administrasi guru merupakan hal yang mutlak dikerjakan oleh guru meskipun ini sangat melelahkan, karena bverdasarkan administrasi inilah guru melakukan tindakan pembelajaran, dengan sejumlah program-program dan pencapaian. Dengan kata lain bahwa adminitrasi adalah alat yang sangat penting yang harus ada jika guru hendak mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran.
Adapun sejumlah administrasi guru yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

1. Silabus
2. Program Tahunan
3. Program semester
4. RPP
5. Persiapan Mengajar
6. Pencapaian KKM
7. Buku Bimbingan
8. Daftar Hadir/Daftar Nilai
9. Kalender Pendidikan.

Bagi rekan guru yang hendak memiliki, atau sebagai bahan perbandingan administrasi, anda dapat mendownload sejumlah administrasi diatas pada blog ini.  Apa yang saya sajikan di blog ini, bukanlah sebagai administrasi yang mutlak benar, tapi hanya sebagai perbandingan saja.  Siapa tahu melalui perbandingan ini dapat memperkaya dan semakin memperlengkapi kita.  Salam Berbagi!




No comments:

Post a Comment

Komentar Anda