Kualitas Pendidikan dan Kesejahteraan Guru

Isu pendidikan adalah  hal penting untuk terus menerus dibicarakan demi tercapainya kualitas bangsa yang kuat, mandiri, dan sejahtera. Pendidikan  merupakan kunci dasar yang dibutuhkan dalam pembangunan manusia Indonesia yang seutuhnya.
Perhatian pemerintah terhadap pendidikan memang patut mendapat pujian, ini terlihat dengan dilaksanakannya Program BOS dan menetapkan anggaran pendidikan sebesar 20%..
akan tetapi alokasi anggaran pemerintah dalam bentuk BOS, ternyata tidak menyentuh aspek teknis peserta didik perindividu, dan alokasi anggaran sebesar 20% dirasa masih kurang ideal mengingat besarnya biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di negeri ini.
Seperti halnya di kota Bogor, meski anggaran pendidikan melampaui angka yang ditentukan pemerintah pusat,namun belum mampu meningkatkan kualitas secara signifikan. Padahal prosentase anggaran pendidikan sudah ditetapkan dalam APBD kota Bogor sejak tahun 2012 lalu sebesar 34,38% , hal ini melampaui ketetapan pemerintah pusat yang menetapkan anggaran pendidikan minimal 20% dari nilai APBD. Perdmasalahan pokok dari kondisi ini adalah porsi anggaran pendidikan lebih banyak digunakan untuk belanja pegawai.
Namun yang menjadi isu terhangat saat ini adalah pendidik (guru). Mengapa begitu? karena guru sangat menentukan tinggi rendahnya kualitas pendidikan murid. Jumlah guru yang lebih sedikit dari murid sangat mempengaruhi proses pembelajaran dan kemampuan mengajar. Penguasaan materi dan metodologi pengajaran juga termasuk isu pendidikan saat ini.
Guru mengajar pada bidang yang bukan dikuasai juga menjadi isu pendidikan yang patut diperhatikan lebih besar lagi. Karena kompetensi yang dimiliki guru untuk mengajar selain keahliannya akan menurunkan kualitas pembelajaran. Isu  seperti ini harus dicari jalan keluarnya. Program penyetaraan jenjang pendidikan menjad salah satu cara untuk memperbaiki kualitas guru.  Tetapi upaya ini akan semakin berhasil jika kesejahteraan guru juga diperhatikan dan ditingkatkan. Pemberian insentif atas hasil kerja kerasnya mengajar akan membuat guru semakin bersemangat dan meningkatkan prestasinya.
Menurut sejumlah pakar pendidikan, ada beberapa hal yang yang harus menjadi perhatian kita semua:
  1. Pemerintah diharapkan dapat meningkatkan perhatiannya pada masalah pendidikan bangsa ini, karena tanpa bantuan pemerintah siapapun yang berusaha untuk mengubah keadaan tidak akan mendapat hasil yang baik.
  2. Perbanyak program besiswa berkualitas untuk mendapatkan guru yang berkualitas tinggi.
  3. Pendapatan guru wajib ditingkatkan terutama mereka yang telah rela mengajar murid di berbagai tempat terpencil.
  4. Penghargaan dan perhatian sekecil apapun pada guru akan menyentuh hati mereka untuk lebih menyayangi anak didiknya. Sehingga secara otomatis guru akan memberikan perhatian lebih kepada para murid.
Demikian beberapa hal yang harus menjadi perhatian pemerintah terhadap guru.  Namun untuk melengkapi empat hal di atas, diharapkan perhatian dari para orang tua murid terhadap keberadaan para guru, untuk memikirkan serta bertindak  mengatasi permasalahan kesejahteraan guru. Sebab karena  gurulah maka anak kita bisa menjadi manusia yang lebih berguna di masa depan.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda