Cara Paling Mudah Melengkapi Administrasi Guru

Untuk melengkapi administrasi guru memang terasa berat. Bagaimana tidak? setiap semester guru harus melengkapi administrasi, seperti Silabus, RPP dan sebagainya. Jika tidak mengerjakan, maka guru harus berhadapan dengan kepala sekolah dan pengawas.
Ada sebagian guru mengeluh dan sebagian lagi merasa cukup ringan untuk mengatasi ini.  Bagi mereka yang mengeluh adalah rata-rata guru yang tidak begitu menguasai teknologi komputer.  dimana setiap semester mereka harus menulis administrasi tersebut demgan tulisan tangan, sudah tentu ini cukup menyulitkan. dan bukan itu saja, bahkan ini akan banyak menyita waktu.  Proses pembelajaran di kelaspun dapat terganggu, karena menurut pengamatan saya, ada diantara guru yang mengerjakan tugas administrasi pada jam pelajaran berlangsung.  Sudah tentu ini sudah tidak sesuai dengan fungsi dan tugas kita sebagai guru yang sebenarnya.
Untuk mengatasi terjadinya hal-hal demikian, maka melalui artikel ini saya akan memberikan tips, bagaimana mempermudah kita mengerjakan administrasi itu.
  1. Hal yang wajib terlebih dahulu adalah kemampuan mengoperasikan komputer, paling tidak mengetik di Word atau Exel.
  2. Simpan administrasi yang ada ketik, baik yang di word maupun exel tadi, untuk dipergunakan pada tahun berikutnya.  Karena pada dasarnya kurikulum jarang berubah, oleh sebab itu gambaran pembelajaran pada saat ini tidak mengalami perubahan yang cukup signifikan pada tahun mendatang.
  3. Karena kurikulum belum berubah, anda cukup memodifikasi/edit file yang anda simpan tadi sesuai kebutuhan. mungkin anda menambahkan atau mengurangi sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.  Atau mengedit tanggal dan tahun yang biasanya ada pada setiap administrasi guru.
Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam meng-edit file administrasi tadi, antara lain:
  1. Editlah administrasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dengan melihat relevansinya. karena bisa jadi pola yang kita terapkan pada tahun yang lalu perlu dikembangkan. karena setiap tahunnya perkembangan jaman dan pola pikir berubah.
  2. Pada setiap tahunnya yang paling banyak  diedit adalah tanggal  dan waktu yang tercantum baik di atas maupun di bawah tulisan. Oleh sebab itu, untuk mempermudah pengeditan, lakukanlah  pencarian kata maupun angka yang hendak diedit dengan mempergunakan Control F, kemudian masukkan kata atau angka itu ke dalam kolom pencarian, kemudian tekan Enter. Dengan demikian anda kan semakin dipermudah untuk menemukan dan merubah kata atau angka yang hendak diganti.
Demikian hal yang dapat saya bagikan untuk rekan guru, semoga melalui artikel yang singkat ini kita semakin dipermudah dalam melengkapi administrasi. Salam Berbagi!

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda